Rekomendasi Buku

Cari Buku

Selasa, 16 April 2024

Novel Bilang Begini Maksudnya Begitu

Gerimis bukan berarti hujan, bunga belum tentu berarti kembang. Konon, puisi adalah hasil permainan gaya bahasa seorang penyair yang tidak bisa diartikan secara harfiah. Kerap kali penyair bilang begini, tapi maksudnya begitu. Lalu, bagaimana caranya bisa menikmati puisi dan menangkap pesan atau makna yang ingin disampaikan oleh penyair? Dalam usaha memahami karya sastra, tentu berbagai pertanyaan bisa timbul. Bisa saja dua orang pembaca merasa telah memahami suatu karya sastra, tetapi ternyata penafsiran keduanya berbeda. Penafsiran siapa yang benar? Sampai berapa jauhkah peran sastrawan dalam penafsiran itu? Apakah minat dan pandangan hidup kita bisa berpengaruh terhadap penafsiran itu? Itu semua macam pertanyaan yang mungkin sekali akan sering kita cari jawabannya di sini.

Buku ini lahir bukan sebagai buku teori sastra, tetapi lebih kepada semacam ajakan dari seorang Sapardi Djoko Damono untuk kita agar dapat lebih bisa mengapresiasi puisi dengan pengenalan akan sejumlah alat kebahasaan yang dimanfaatkan penyair untuk menyampaikan sesuatu yang bisa saja berupa cerita, gagasan, sikap, suasana, dan sebagainya. 

Sejumlah alat, muslihat serta gaya yang biasa digunakan penyair dalam puisinya dijelaskan oleh penulis Hujan Bulan Juni ini dengan menampilkan sejumlah contoh. Pemahaman atas “alat-alat” tersebut diharapkan bisa membantu tumbuhnya apresiasi puisi yang lebih baik. 

Dalam buku ini penulis tidak membedakan antara puisi asli dan terjemah. Sebab baginya, begitu diterjemah puisi langsung menjadi milik bahasa yang baru. Yang asli hanya diperlukan kalau kita berniat membongkar aspek-aspek linguistik secara ketat dan karena aspek itu berubah dalam terjemahan maka penulis akan berusaha tidak menyinggungnya kecuali memang diperlukan demi pemahaman.



Anda tertarik dengan buku ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Terbaru

Rekomendasi Buku
Rekomendasi Buku

Buku Rekomendasi

Toko Online

Tentang Kami

KatalogBuku

Katalog Buku merupakan situs review buku yang menjadi rekomendasi bagi para pecinta buku.

Ada pertanyaan?

Hubungi kami melalui email:




Comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *